Percakapan Blog

Just another WordPress.com weblog

Upaya Membangun Critical Mass

Ide dan karya yang berguna untuk banyak orang kerap muncul dari sebuah forum informal. Itulah yang melatarbelakangi Daya Dimensi Indonesia (DDI) menyelenggarakan sesi bertajuk PERCAKAPAN pada hari Kamis, 2 April 2009. Adalah Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo, yang menjadi pembicara pertama untuk menandai diluncurkannya forum tersebut.

Dalam usia 82 tahun, Sayidiman tetap bersemangat. Kata-katanya masih jelas dan lantang saat mempresentasikan pikiran-pikirannya yang terangkum dalam buku tulisannya: ”Rakyat Sejahtera Negara Kuat. Mewujudkan Cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945”, yang diterbitkan tahun 2007 silam. Pengalaman hidup sebagai prajurit kuat mewarnai karakter pribadinya. Pesan penting Sayidiman yang layak direnungkan seluruh peserta adalah keinginannya agar para peserta forum menjadi bagian dari critical mass yang dapat menggerakkan perubahan bangsa.
Ia membandingkannya dengan posisi ketika ia menjadi satu dari sepuluh ribu anggota pasukan Siliwangi yang dapat membawa Jawa Barat masuk dalam kendali pemerintah NKRI. Padahal, Jawa Barat waktu itu sudah dikendalikan Belanda melalui negara boneka Pasundan. “Be the critical mass untuk perubahan di Indonesia. Dan untuk itu, pegangannya adalah Pancasila,”katanya menutup ceramah.
Lobi kantor DDI di Kawasan Mega Kuningan Jakarta yang biasanya tenang mulai penuh didatangi undangan sejak pukul 10 pagi. Ketika seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke disibukkan hingar bingar kampanye menjelang hari pencontrengan Calon Legislator pada 9 April 2009, sebuah forum diskusi hangat berhasil digelar DDI. Sebanyak 35 peserta datang memenuhi undangan DDI. Mereka menduduki berbagai posisi strategis di perusahaan mereka masing-masing.
Sebagai forum informal, suasana diskusi PERCAKAPAN yang dipandu oleh Rozan Anwar, Direktur Utama DDI, lebih bersifat dialog. Semua peserta bebas mengemukakan pikiran dan pandangan masing-masing. Founder DDI Meike Malaon saat membuka sesi menjelaskan “PERCAKAPAN rencananya akan dibuat secara teratur tiap satu – dua bulan sekali. Topiknya akan berganti-ganti. Mungkin satu kali kita bicara tentang Bahasa Indonesia. Lain waktu tentang Ilmu dan Teknologi; atau tentang Sejarah – topik-topik yang jadi common interest bagi kita semua, dalam rangka menuju Indonesia yang lebih baik.”
Forum PERCAKAPAN berikutnya mungkin akan dilaksanakan pada pertengahan Mei mendatang. “Pak George Tahija dan Ibu Shanti Poesposoetjipto rencananya akan berbicara mengenai bagaimana running an organization with values. Kita tunggu tanggal mainnya,” kata Rozan Anwar.***

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: