Percakapan Blog

Just another WordPress.com weblog

FORUM PERCAKAPAN XVI – Mari Bicara CSR!

Berbuat baik ke sesama dan lingkungan sekitar bukan lah ‘biaya’ bagi dunia bisnis. Tanpa disadari, berbagai program dan kegiatan sosial-kemasyarakatan, yang dikenal dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility), jika dirancang secara tepat, justru menjadi investasi jangka panjang menguntungkan. Pandangan tersebut bukan sekadar pernyataan teoritis normatif tetapi sudah dirasakan manfaatnya di lapangan. Ibu Sri Urip – pelaku aktif bisnis lebih dari tiga dekade, percaya betul atas manfaat kegiatan CSR bagi pembangunan daya saing perusahaan.

Berbicara dalam ‘Forum Percakapan’ yang diselenggarakan di Kantor Taman Daya Dimensi Indonesia Kawasan Mega Kuningan Jakarta pada minggu pertama Desember 2010, Ibu Sri menjelaskan konsep CSR mulai banyak diterapkan di Indonesia pada 2000. Namun, waktu itu banyak perusahaan masih menganggap CSR sebagai bagian dari cost perusahaan, bukannya sebagai bagian investasi pengembangan binis. Pandangan tersebut berangsur-angsur bergeser. Ibu Sri lalu menunjuk kasus perusahaan raksasa sepatu dunia ‘Nike’.

Brand Nike, menurut Ibu Sri, sempat rusak pamornya ketika diterpa isu tidak sedap karena menggunakan buruh murah di negara-negara dunia ketiga. Lingkungan kerja mereka pun dikritik sejumlah kalangan. Akibat fenomena globalisasi, isu yang dihembuskan di belahan dunia ketiga, bisa berpengaruh di bagian lain. Isu-isu yang mampu mempengaruhi reputasi bisnis tidak hanya berkaitan dengan masalah sosial tetapi juga menyangkut isu lingkungan hidup. Melalui penerapan strategi CSR yang tepat, papar alumnus Teknik Kimia UGM tersebut, perusahaan justru mampu mencapai competitive edge yang diharapkan.

Berdasarkan pengalaman mengelola praktik CSR puluhan tahun, wanita yang saat ini menjabat CEO dan komisaris sejumlah organisasi bisnis tersebut akhirnya berhasil menulis buku tentang CSR berjudul: “CSR Strategies for a Competitive Edge in Emerging Markets”. Berbicara tentang CSR pada dasanya adalah bagaimana korporat mampu merancang program dan kegiatan secara tepat kepada komunitas sasaran yang menjadi penerimanya. Kesimpulannya mendasar buku tersebut adalah bagaimana program dan kegiatan CSR tersebut dapat direalisasikan sesuai dengan keinginan perusahaan sehingga tujuan dan sasaran yang ingin dicapai korporat dapat diwujudkan di lapangan.

“Forum Percakapan” dipandu Bapak Tri Handoko – Direktur Yayasan Indonesia Lebih Baik, sebuah organisasi nir-laba yang dibangun DDI untuk menerjemahkan konsep CSR perusahaan. Pada kesempatan ini juga dihadirkan Bapak Sarwono Kusumaatmadja. Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993) dan Menteri Lingkungan hidup. (1993 – 1998) tersebut menguraikan elemen dan prinsip-prinsip dasar CSR. Ia menjelaskan praktik CSR merupakan tindakan korporate yang memajukan semua pihak yang ada urusan dengan korporate baik langsung atau tidak langsung melalui berbagai macam program pemberdayaan sosial, berdasarkan konsep win-win. Ini dapat dipahami karena di satu sisi korporat memerlukan dukungan dari masyarakat (termasuk karyawan internal), yang tidak bisa dimodifikasi dengan uang. Dukungan tersebut dapat berupa indeks kepuasan atau harapan masyakat yang tidak ada ukuran kuantitatifnya.

“Forum Percakapan” dengan tema: “Mari Bicara CSR” adalah even keempatbelas yang diselenggarakan bertepatan dengan berkahirnya tahun 2010. Tujuan DDI menggagas forum ini adalah sebagai wadah informal pembelajaran informasi di kalangan profesional.

Melalui forum bulanan inilah, sebuah komunitas yang umumnya merupakan mitra kerja DDI dari kalangan bisnis, masyarakat sipil, dan pemerintah berinteraksi sehingga mempunyai hubungan jangka panjang. Beragam topik dibicarakan dalam acara bincang-bincang yang dibangun dalam suasana non-formal ini. Mulai dari masalah reformasi birokrasi, menumbuhkan rasa nasionalisme sampai obrolan ringan tentang tata ruang di DKI Jakarta atau topik memilih trend kuliner yang sehat.

Tahun 2010 telah berakhir tetapi “Forum Percakapan” dipastikan akan terus dilaksanakan pada 2011 mendatang. Selamat Tahun Baru 2011. Selamat memasuki tahun kelinci logam, yang dianggap sebagai tahun penuh cinta, menurut mitologi bangsa China. Semoga energi cinta yang sangat kuat dapat mendorong resolusi perusahaan Anda dalam meraih tujuan dan sasaran yang diteteapkan”, Jelasnya (Teguh A.)

Silahkan klik video

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: